• SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI
  • Tanggul Budaya (Takwa Unggul dan Berbudaya)

OSIS SMAN 1 Muaro Jambi Adakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Pijoan, 22 Oktober 2021.

Bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2021, OSIS SMA Negeri 1 Muaro Jambi mengadakan acara puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat, 22 Oktober 2021.
Kegiatan yang diadakan di lapangan Upacara Bendera SMAN 1 Muaro Jambi tersebut dihadiri oleh seluruh majelis guru, staff TU, Mahasiswa PLP Univeritas Jambi, PPL UIN, Siswa-siswi SMAN 1 Muaro Jambi. Hadir sebagai penceramah Bapak Drs. Baktiar Nasution.

Dalam sambutannya Kepala SMAN 1 Muaro Jambi, Bapak Heryadi, S.Pd M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini adalah kegiatan pertama semenjak pandemi Covid-19 melanda. Pernah sekali memulai kegiatan yaitu ‘Pesantren Kilat’ pada waktu bulan Ramadhan 1442 H, namun tidak selesai karena pemberlakuan dikembalikannya siswa untuk belajar di rumah.

Beliau berterima kasih kepada Guru Pembina Rohis yang juga merupakan Pembina OSIS bidang Peningkatan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa beserta pengurus OSIS yang telah melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini. Kegiatan yang dimulai dari Lomba Tilawatil Quran di hari Kamis dan puncaknya pada hari Jumat dengan mengundang penceramah hikmah Maulid Nabi. Beliau berharap nantinya kegiatan serupa yang bernuansa Islam dapat terlaksana di momen- momen yang lain dengan kegiatan lomba yang lebih banyak karena Visi utama dari sekolah SMA Negeri 1 Muaro Jambi adalah menciptakan peserta didik yang Bertaqwa. Salah satu indikator pencapaiannya dengan banyaknya kegiatan yang bersifat keagamaan.
Kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu ceramah hikmah Maulid yang disampaikan oleh Ustadz Drs. Bahtiar Nasution dengan materi Nabi Muhammad SAW Tauladan umat sepanjang Hayat. Dalam uraian ceramahnya beliau menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah tokoh dari segala tokoh.


Pertama, Nabi Muhammad SAW adalah orang yang sabar. Nabi Muhammad di masa kecilnya adalah yatim piatu yang tidak ada ayah dan ibu. Masa sebelum lahir, saat masih dalam kandungan telah ditinggal oleh ayahnya Abdullah bin Abdul Muthalib. Kemudian di usia Nabi Muhammad SAW baru 6 tahun menyusul meninggal ibunya Siti Aminah binti Wahb. Nabi Muhammad SAW sebagai seorang yatim piatu dalam pengasuhan Abdul Muthalib kakeknya. Namun tak beberapa lama, sekitar 2 tahun kakeknya meninggal. Nabi Muhammad SAW diasuh oleh Pamannya Abu Thalib.
Kedua. Nabi Muhammad SAW seorang saudagar yang Jujur. Masa kecil menjelang remaja Nabi Muhammad SAW yang hidup bersama pamanya Abu Thalib adalah seorang saudagar. Bermula dari membantu pamannya sampai tumbuh dewasa diberi kepercayaan oleh saudagar-saudagar pada masa itu. Para saudagar mempercayai barang dagangannya untuk diperjualbelikan oleh Nabi, termasuk di antaranya menerima modal dari seorang pengusaha kaya raya Khadijah yang kemudian menjadi Istrinya.


Ketiga, Nabi seorang yang Pemimpin yang Amanah, Menyiarkan, dan Cerdas. Nabi seorang pemimpin Umat, Negara, Pemimpin perang. Di masa kenabiannya Muhammad seorang pemimpin yang menyiarkan dan Amanah dalam menyampaikan Firman Allah SWT. Beliau mengajak ummatnya menuju kekebaikan. Beliau Seorang Nabi yang kerasulannya menjadi tauladan umat manusia bukan saja kaum Muslim, dan beliau pemimpin tentaranya dalam menaklukan kaum yang tidak mengakui keesaan Allah SWT.
Keempat, Rasulullah SAW seorang yang berlaku lemah lembut, pemurah, pengasih, tulus, dan membantu sesama. Walau nabi seorang pemimpin yang kekuasaannya dengan izin Allah sangat luas tetapi sifat-sifat baik beliau tetap tertanam dalam kehidupan sehari hari. Dalam berperang beliau tidak akan memerangi atau menyiksa musuh yang sudah menyerah. Pernah satu waktu Rasulullah bertemu dengan pengemis buta. Kemudian menyuapinya makan sampai si pengemis itu bertanya tentang siapa yang menyuapinya. Setelah tahu, si pengemis bersyadat memilih masuk Islam.
Di akhir uraian ceramah, Ustadz Bahtiar Nasution mengimbau kepada kita semua, selaku umat Nabi Muhammad SAW agar senantiasa menauladani sifat nabi Muhammad. Baik majelis guru dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, maupun siswa-siswi dalam menjalankan kegiatan belajarnya.
Di akhir acara, panitia perlombaan yang dipimpin oleh Ibu Indriani, S.Pd M.Pd membacakan dan menyerahkan hadiah lomba Tilawah yang telah dilaksanakan satu hari sebelumnya. Dalam keputusan dewan juri yang beranggotakan majelis guru Bpk Ismail S.Ag dan Ibu Dra. Nuzmiah diperoleh pemenang Tilawah putra yaitu Juara 1, Ibnu Yunanda dari Kelas XII IPS 4, Juara 2, M. Al-Muttaqin dari kelas XII IPS 2, dan Juara 3, Muhammad Zukri Kelas X IPS 1. Kemudian pemenang Tilawah Putri, Juara 1, Dina Safitri dari kelas XII MIPA 1, Juara 2, Ulul Nurona Bhakti kelas XII MIPA 3, dan Juara 3, Refani Aulia Putri Kelas XII MIPA 4. Keputusan dewan juri tentang Pemenang Lomba ini tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah nomor 421.3/175-SMAN1MJ/X/2021.
(EE).

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Passing Grade UNIMED Terbaru 2023/2024 (Universitas Negeri Medan)

Universitas Negeri Medan atau yang dikenal UNIMED merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Medan. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Medan?, universitas

10/01/2024 23:00 - Oleh ADMIN - Dilihat 451 kali
Passing Grade UNIB 2023/2024 (Universitas Bengkulu)

Kamu tinggal di Bengkulu atau diluar kota Bengkulu?, dan tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Bengkulu?, tentu saja kamu harus tahu terlebih dahulu nilai passing grade t

10/01/2024 22:46 - Oleh ADMIN - Dilihat 438 kali
Passing Grade UNILA Terbaru 2024/2025 (Universitas Lampung)

Apakah kamu sedang mencari tahu nilai passing grade UNILA? Universitas Lampung atau yang lebih dikenal dengan singkatan UNILA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di La

10/01/2024 22:33 - Oleh ADMIN - Dilihat 992 kali
Passing Grade UNRI Terbaru 2024/2025 (Universitas Riau)

Kamu ingin ikut tes masuk PTN ke Universitas Riau? dan ingin mencari tahu nilai passing grade UNRI? tentu saja kamu harus tahu passing grade universitas ini. Universitas Riau atau yang

10/01/2024 22:20 - Oleh ADMIN - Dilihat 2770 kali
Passing Grade UI Terbaru 2024/2025 (Universitas Indonesia)

Passing Grade UI sedang banyak dicari tahu oleh Calon mahasiswa yang ingin berkuliah di PTN Universitas Indonesia. Universitas Indonesia atau yang dikenal dengan singkatan (UI) merupaka

10/01/2024 22:09 - Oleh ADMIN - Dilihat 8615 kali