• SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI
  • Tanggul Budaya (Takwa Unggul dan Berbudaya)

Sosok Rosa Simamora, Siswa Kelas XII SMAN 1 Muaro Jambi, Berprestasi Nasional

 

Pijoan, 21 Oktober 2021.
Kisah Rosa Simamora Siswa SMAN 1 Muaro Jambi, kelahiran Jambi 11 Juni 2004 yang saat ini duduk di kelas 12 MIPA 2 sukses meraih beberapa penghargaan tingkat nasional. Berawal dari kegagalannya saat mengikuti Kompetisi Sain Nasional KSNK Bidang Fisika di tingkat SMA Kabupaten Muaro Jambi, Rosa Simamora mencoba mengikuti kegiatan lomba-lomba olimpiade Sians Nasional yang diselenggarakan oleh lembaga independen dalam pengawasan Kementerian Pendidikan. Tidak sia-sia usaha yang ia lakukan membuahkan hasil. Lima penghargaan ia raih, di antaranya;
(1) Mendapatkan predikat Honorable (Terhormat) Olimpiade Sains bidang Fisika Tingkat Nasional pada ajang Cynosure Olympic yang diselenggarakan oleh School Thunderbolt.
(2) Peringkat 3 Olimpiade Sains Se-Indonesia bidang Fisika yang mendapatkan Medali Perunggu dalam ajang Insight Physics Competition yang diselengggarakan oleh Insight Olimpiade (CV INTER KREASI)
(3) Mendapatkan penghargaan predikat Medali Perunggu Olimpiade Sains Se-Indonesia (OSS. VOL. 2) yang diselenggarakan oleh Dunia Matematika.
(4) Peraih juara 5 Medali Emas Olimpiade Sains tingkat Nasional bidang Matematika dari 26.000 pelajar Indonesia yang diselenggarakan oleh Divya Competition. (LEGALITAS : AHU-0057943-AH.01.14 Tahun 2021)
5.Mendapat predikat Honorable Mention bidang Fisika Olimpiade Sains Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Divya Competition. (LEGALITAS : AHU-0057943-AH.01.14 Tahun 202).
Pada saat Amanat Pembina Upacara Senin 12 Oktober 2021, Pembina Upacara memberikan kesempatan kepada Rosa untuk menyampaikan pengalamannya dalam mengikuti ajang lomba tersebut. Di hadapan guru dan teman-temannya siswa SMAN 1 Muaro Jambi, ia membeberkan alasan atau motivasi mengikuti kegiatan lomba tersebut, yaitu pertama karena ia sangat menyukai sifat keambisiusan dirinya dalam mencari pengalaman yang berarti. Ia merasa puas ketika ia mencoba segala jenis olimpiade atau lomba yang menarik perhatian dirinya. Kedua, ia ingin menginspirasi generasi bangsa yang lain agar mampu dan berniat untuk meningkatkan kreativitas dalam mencetak kemenangan di tanah air NKRI tercinta ini sebagai peran generasi milenial saat ini. Ketiga karena ia ingin dipermudahkan untuk melanjutkan kuliah melalui jalur beasiswa unggulan prestasi atau jalur SNMPTN (undangan) di ITB (Institut Teknologi Bandung).
Pada kesempatan itu Rosa menyampaikan harapannya untuk rekan-rekan seangkatan dengannya agar menjadi insan yang tak pernah takut untuk memulai sesuatu yang baik karena percayalah bahwa semua merupakan anak hebat yang bukan hanya mempunyai impian, tetapi juga semakin meningkatkan kegigihan dalam belajar secara efektif. Teman-teman semua adalah contoh bagi adik-adik yang jenjangnya masih rendah. Hendaknya dapat memandu mereka agar mereka terinspirasi dan termotivasi mengawali ambisinya untuk menjadi cerminan seseorang yang hebat dan berhasil.
Kepala SMAN 1 Muaro Jambi, Bapak Heryadi, S.Pd. M.Pd sangat mengapresiasi prestasi Rosa yang sudah memamfaatkan peluang mengikuti berbagai lomba olimpiade sain di tingkat Nasional. Di saat kita sedang menghabiskan energi mencari ruang untuk bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka, Rosa mampu memanfaatkan peluang waktu dan ruang itu. Tidak sia-sia ia mendapatkan banyak penghargaan dan medali untuk menjadi bekal melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi paforitnya. Kepala Sekolah berharap Rosa menjadi contoh dan tauladan bagi siswa yang lain untuk tidak ragu ikut lomba yang saat ini banyak dilaksanakan secara online oleh lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan pemerintah.
Lebih lanjut beliau menjelaskan, tahun 2021 ini, SMAN 1 Muaro Jambi di Kompetensi sain nasional tingkat kabupaten meloloskan delapan siswa ke tingkat Provinsi dengan lima cabang sain, yaitu: Biologi, Informatika, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi. Tahun ini sangat lebih baik daripada tahun 2020 yang hanya meloloskan satu cabang yaitu mata pelajaran informatika. Beliau berharap tahun depan bisa lolos ke nasional atau minimal bertahan di tingkat provinsi.
(EE)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Passing Grade UNIMED Terbaru 2023/2024 (Universitas Negeri Medan)

Universitas Negeri Medan atau yang dikenal UNIMED merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Medan. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Medan?, universitas

10/01/2024 23:00 - Oleh ADMIN - Dilihat 1075 kali
Passing Grade UNIB 2023/2024 (Universitas Bengkulu)

Kamu tinggal di Bengkulu atau diluar kota Bengkulu?, dan tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Bengkulu?, tentu saja kamu harus tahu terlebih dahulu nilai passing grade t

10/01/2024 22:46 - Oleh ADMIN - Dilihat 1019 kali
Passing Grade UNILA Terbaru 2024/2025 (Universitas Lampung)

Apakah kamu sedang mencari tahu nilai passing grade UNILA? Universitas Lampung atau yang lebih dikenal dengan singkatan UNILA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di La

10/01/2024 22:33 - Oleh ADMIN - Dilihat 2437 kali
Passing Grade UNRI Terbaru 2024/2025 (Universitas Riau)

Kamu ingin ikut tes masuk PTN ke Universitas Riau? dan ingin mencari tahu nilai passing grade UNRI? tentu saja kamu harus tahu passing grade universitas ini. Universitas Riau atau yang

10/01/2024 22:20 - Oleh ADMIN - Dilihat 5402 kali
Passing Grade UI Terbaru 2024/2025 (Universitas Indonesia)

Passing Grade UI sedang banyak dicari tahu oleh Calon mahasiswa yang ingin berkuliah di PTN Universitas Indonesia. Universitas Indonesia atau yang dikenal dengan singkatan (UI) merupaka

10/01/2024 22:09 - Oleh ADMIN - Dilihat 13392 kali