• SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI
  • Tanggul Budaya (Takwa Unggul dan Berbudaya)

Passing Grade UGM Terbaru 2024/2025

Siapa yang ingin tahu nilai passing grade program studi di UGM?, tentu banyak sekali yang mencari tahu seputar passing grade di UGM, terutama siswa/i yang ingin masuk UGM melalui jalur SNBP atau SNBT, dan mungkin kamu salah satunya.

Universitas Gadjah Mada atau dikenal UGM merupakan salah satu PTN terfavaforit di Indonesia yang sangat diminati oleh pelajar dimanapun itu. UGM didirikan pada 16 Desember 1949 sesuai Peraturan Pemerintah yang menjadi landasannya. Walaupun resmi berdiri pada tanggal 16 Desember, namun Dies Natalis UGM diperingati pada 19 Desember karena lekat dengan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia.

Saat ini UGM telah terakreditasi “UNGGUL” berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 2006/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/XII/2022. Kampus UGM beralamat di Jalan Pancasila (Boulevard), Bulaksumur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Ditahun 2024 ini, Universitas Gadjah Mada menempati peringkat ke-2 (dua) Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia dan menduduki peringkat 744 di peringkat dunia versi Webometrics. Jadi jangan heran kalo masuk ke UGM bukanlah hal yang mudah karena banyak sekali pelajar di Indonesia yang ingin masuk ke kampus ini.

Sebelum kamu melakukan tes masuk PTN ke UGM melalui Jalur seleksi SNBP atau SNBT, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu Passing Grade dari tiap prodi yang ada di UGM. Dengan kamu mengetahui passing grade UGM, maka akan memudahkan kamu untuk memilih program studi dengan peluang lolos lebih besar.

Perkiraan Passing Grade UGM 2024/2025

Nilai passing grade UGM bisa kamu gunakan untuk menganalisa atau memprediksi nilai terkecil dari program studi tertentu di UGM dengan kemungkinan peluang lolos lebih besar. Nilai passing grade ini akan terus berubah di PTN manapun, termasuk di UGM.

Universitas Gadjah Mada membagi nilai passing gradenya kedalam 2 (dua) kelompok, yakni kelompok SAINTEK dan SOSHUM. Berikut adalah presentase passing grade UGM berdasarkan kelompoknya masing-masing.

1. Passing Grade UGM SNBP SAINTEK 2024/2025

Presentase nilai passing grade SNBP UGM kelompok SAINTEK terdiri atas 61 jurusan. Berikut adalah presentase nilai passing grade UGM SNBP kelompok SAINTEK berdasarkan program studinya masing-masing.


 

2. Passing Grade UGM SNBP SOSHUM 2024/2025

Presentase nilai passing grade SNBP UGM kelompok SOSHUM terdiri atas 30 jurusan. Berikut adalah presentase nilai passing grade UGM SNBP kelompok SOSHUM berdasarkan program studinya masing-masing.

3. Passing Grade UGM SNBT SAINTEK 2024/2025

Presentase nilai passing grade SNBT UGM kelompok SAINTEK terdiri atas 61 jurusan. Berikut adalah presentase nilai passing grade UGM SNBT kelompok SAINTEK berdasarkan program studinya masing-masing.

 

4. Passing Grade UGM SNBT SOSHUM 2024/2025

Presentase nilai passing grade SNBT UGM kelompok SOSHUM terdiri atas 30 jurusan. Berikut adalah presentase nilai passing grade UGM SNBT kelompok SOSHUM berdasarkan program studinya masing-masing.


Mungkin masih banyak yang bingung, gimana sih cara melihat nilai passing grade (keketatan) tiap program studi diatas?.

Lihatlah di tabel daya tampung dan peminat diatas!, semakin besar daya tampung dan semakin sedikit peminat maka persaingan untuk masuk ke prodi tersebut semakin kecil, artinya Peluang Lolos Lebih Besar. Sedangkan sebaliknya jika daya tampung lebih sedikit dibandingkan peminat, maka persaingan akan lebih besar/sengit dan Kemungkinan Lolos pun Akan Lebih Kecil.

Nilai persentase di sini artinya besarnya peluang kalian lolos di suatu prodi. Semakin besar nilai persentase suatu program studi maka peluang kalian lolos pun akan lebih besar.

Disclaimer: perlu kamu ketahui!, nilai ini tidak pernah dikeluarkan oleh pihak kampus UGM. Nilai ini bukanlah data resmi, melainkan nilai yang didapatkan berdasarkan hasil prediksi saja. Secara umum, nilai hasil prediksi ini tidak terlalu jauh dari nilai passing grade aslinya. Jadi mohon gunakanlah dengan bijak nilai ini ya!.

FAQ Passing Grade UGM 2024/2025

Apakah passing grade UGM berbeda untuk setiap jalur seleksi?

Ya, passing grade UGM juga berbeda untuk setiap jalur seleksi, tergantung pada kriteria penilaian dan bobot skor yang digunakan oleh pihak universitas.

Apakah passing grade UGM bersifat tetap atau berubah setiap tahunnya?

Passing grade UGM bersifat dinamis dan berubah setiap tahunnya, sesuai dengan kondisi pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru di UGM. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan passing grade UGM antara lain adalah jumlah pendaftar, jumlah kuota, kualitas pendaftar, dan kebijakan universitas.

Apakah passing grade UGM bisa diprediksi dengan akurat?

Passing grade UGM hanya bisa diprediksi dengan perkiraan atau estimasi, tidak bisa dipastikan dengan akurat. Hal ini karena passing grade UGM ditentukan oleh nilai rata-rata penerimaan di setiap program studi, yang baru diketahui setelah proses seleksi selesai dilakukan.

Apakah passing grade UGM merupakan jaminan diterima di UGM?

Passing grade UGM bukan merupakan jaminan diterima di UGM, melainkan hanya sebagai acuan atau referensi bagi calon mahasiswa untuk menentukan pilihan program studinya. Selain memenuhi passing grade UGM, calon mahasiswa juga harus memenuhi syarat-syarat lain yang ditetapkan oleh pihak universitas.

Apakah passing grade UGM berbeda untuk setiap program studi?

Ya, passing grade UGM berbeda untuk setiap program studi, tergantung pada tingkat persaingan dan jumlah peminatnya. Secara umum, program studi yang lebih populer dan diminati memiliki passing grade yang lebih tinggi daripada program studi yang kurang populer dan diminati.

Nah, itulah informasi mengenai passing grade UGM yang bisa admin bagikan. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan ya!. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

(Sumber: ltmpt.ac.id)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Passing Grade UNIMED Terbaru 2023/2024 (Universitas Negeri Medan)

Universitas Negeri Medan atau yang dikenal UNIMED merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Medan. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Medan?, universitas

10/01/2024 23:00 - Oleh ADMIN - Dilihat 1254 kali
Passing Grade UNIB 2023/2024 (Universitas Bengkulu)

Kamu tinggal di Bengkulu atau diluar kota Bengkulu?, dan tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Bengkulu?, tentu saja kamu harus tahu terlebih dahulu nilai passing grade t

10/01/2024 22:46 - Oleh ADMIN - Dilihat 1185 kali
Passing Grade UNILA Terbaru 2024/2025 (Universitas Lampung)

Apakah kamu sedang mencari tahu nilai passing grade UNILA? Universitas Lampung atau yang lebih dikenal dengan singkatan UNILA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di La

10/01/2024 22:33 - Oleh ADMIN - Dilihat 2812 kali
Passing Grade UNRI Terbaru 2024/2025 (Universitas Riau)

Kamu ingin ikut tes masuk PTN ke Universitas Riau? dan ingin mencari tahu nilai passing grade UNRI? tentu saja kamu harus tahu passing grade universitas ini. Universitas Riau atau yang

10/01/2024 22:20 - Oleh ADMIN - Dilihat 5841 kali
Passing Grade UI Terbaru 2024/2025 (Universitas Indonesia)

Passing Grade UI sedang banyak dicari tahu oleh Calon mahasiswa yang ingin berkuliah di PTN Universitas Indonesia. Universitas Indonesia atau yang dikenal dengan singkatan (UI) merupaka

10/01/2024 22:09 - Oleh ADMIN - Dilihat 14340 kali